Sosialisasi Pembinaan Kelurahan Fokus di Kelurahan Tanjung Sekayam

Pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Pembinaan Kelurahan Fokus di Kelurahan Tanjung Sekayam Kecamatan Kapuas.

0 528

Pada hari Selasa tanggal 17 November 2020 telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Pembinaan Kelurahan Fokus di Kelurahan Tanjung Sekayam Kecamatan Kapuas yang diselenggarakan oleh Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Sanggau selaku Koordinator Kelurahan Fokus di Kelurahan Tanjung Sekayam berdasarkan Keputusan Bupati Sanggau Nomor 136 Tahun 2020 tentang Penetapan Perangkat Daerah sebagai Koordinator Desa Fokus dan Kelurahan Fokus di Wilayah Kabupaten Sanggau.

Kegiatan Sosialisasi Pembinaan Kelurahan Fokus di Kelurahan Tanjung Sekayam dihadiri oleh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau, Camat Kapuas, Kepolisian Sektor Kapuas melalui Babinkamtibmas, Lurah Tanjung Sekayam, perangkat RT di Kelurahan Tanjung Sekayam, dan tokoh-tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya Lurah Tanjung Sekayam menyampaikan profil Kelurahan Tanjung Sekayam dengan menerangkan luas wilayah kelurahan seluas 220 Hektar, batas-batas wilayah kelurahan, dan jumlah penduduk kelurahan per September 2020 sebanyak 3.040 orang dengan komposisi penduduk laki-laki sebanyak 1.542 orang dan penduduk perempuan sebanyak 1.498 orang.

Selanjutnya Bupati Kabupaten Sanggau melalui Kepala Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat selaku Koordinator Pembinaan Kelurahan Fokus di Kelurahan Tanjung Sekayam mengawali sambutannya dengan menghaturkan ucapan terima kasih kepada para peserta yang telah menyempatkan diri untuk hadir meski di tengah-tengah padatnya agenda kegiatan masing-masing. Kepala Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat kemudian menjelaskan bahwa program Desa Fokus dan Kelurahan Fokus merupakan program pemerintah yang telah berjalan sejak tahun 2010, dengan maksud penyelenggaraannya ialah untuk membangun desa dan kelurahan secara lebih terfokus atau lebih terkonsentrasi, dengan setiap tahun program Desa Fokus dilaksanakan apabila dikalkulasikan telah di berjalan di lebih kurang 180 Desa, dan pada tahun 2020 Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat dipercayakan sebagai Koordinator Kelurahan Fokus di Kelurahan Tanjung Sekayam Kecamatan Kapuas. Sedianya pelaksanaan akan menghadirkan lebih banyak peserta akan tetapi dikarenakan adanya pandemi CoViD-19 maka dengan terpaksa jumlah peserta dibatasi. Kepala Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat turut menyampaikan bahwa kegiatan Pembinaan Desa Fokus dan Kelurahan Fokus merupakan momen bagi perangkat daerah untuk berbagi info dengan peserta, sehingga sangat diharapkan perangkat daerah yang hadir dapat mensosialisasikan program dan kegiatan sesuai tupoksi masing-masing kepada para peserta.

Selanjutnya Camat Kapuas menyampaikan sambutannya dengan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau yang telah turut menetapkan Kecamatan Kapuas sebagai penerima program Desa Fokus di Desa Belangin dan Kelurahan Fokus di Kelurahan Tanjung Sekayam.

Setelah menyampaikan sambutannya Camat Kapuas kemudian membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Pembinaan Kelurahan Fokus di Kelurahan Tanjung Sekayam Kecamatan Kapuas.

Selanjutnya para perangkat daerah diberikan kesempatan untuk mensosialisasikan program dan kegiatan pembinaan masing-masing kepada para peserta, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh para peserta dan ditanggapi oleh para perangkat daerah.

Dalam pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Pembinaan Kelurahan Fokus tersebut turut disampaikan bantuan berupa masker wajah kepada perangkat Kelurahan Tanjung Sekayam yang diserahkan oleh Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Sanggau dan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Sanggau.

Mungkin Anda juga berminat Berita lainnya dari Penulis ini

Komentar

Loading...