Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dan Deklarasi Damai Pilkades Serentak Tahun 2022

Pelaksanaan kegiatan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dan Deklarasi Damai dalam rangka penyelenggaraan Pilkades Serentak Tahun 2022

0 156

Pada hari Kamis tanggal 10 Maret 2022 pukul 09.00 WIB bertempat di ruang kerja Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sanggau telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dan Deklarasi Damai dalam rangka mencegah potensi terjadinya konflik dalam Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2022 di 23 Desa se-Kabupaten Sanggau, dengan agenda pembahasan pada persiapan sosialisasi kewaspadaan dini dan cegah dini konflik dalam menghadapi Pilkades Serentak Tahun 2022.

Hadir dalam Rapat Koordinasi tersebut Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sanggau (Antonius), Kapolres Sanggau dengan diwakili oleh Kasat Intelkam (Suhartoto), Sekretaris Badan Kesbangpol Kabupaten Sanggau (Ade Wawan Januardi), Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Badan Kesbangpol Kabupaten Sanggau (M. Andy Gustami), Pasi Intel Kodim 1204 Sanggau (Saeful Husna), Kasi Intel Kejari Sanggau (Freddy Wirawan), Kanit Intelkam Polres Sanggau (Adi Kusuma), Kepala DPM Pemdes Kabupaten Sanggau dengan diwakili oleh Kepala Bidang Administrasi Pemdes (Libertus), dan perwakilan dari Satpol PP.

Disampaikan oleh Kepala Badan Kesbangpol bahwa dalam waktu yang tidak lama lagi Pilkades Serentak Tahun 2022 di Kabupaten Sanggau akan digelar, sehingga perlu menjadi perhatian bersama dengan diadakannya kegiatan kewaspadaan dini sebagai upaya Pemerintah Daerah mencegah potensi terjadinya konflik, sebagaimana yang telah dilaksanakan selama ini oleh Badan Kesbangpol khususnya Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik dengan penyelenggaraan kegiatan sosialisasi terkait kewaspadaan dini di Daerah.

Disampaikan juga oleh Kepala Badan Kesbangpol bahwa target atau sasaran dari pada sosialisasi dan deklarasi damai yang turut dilaksanakan dalam Rapat Koordinasi tersebut, ialah para Calon Kepala Desa dan Panitia penyelenggara Pilkadesnya. Adapun terkait dengan monitoringnya di lapangan, dimulai sejak tahap pendaftaran sampai dengan pelaksanaan Pemilihan diharapkan seluruh instansi yang terkait dapat menyamakan pemahaman agar dapat terlaksana dengan baik.

Rapat Koordinasi dimaksud turut bertujuan mensinkronkan kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Kesbangpol, DPM Pemdes, Polres dan instansi-instansi stakeholder lainnya, mengingat waktu dan jumlah Desa penyelenggara Pilkades yang digelar secara zonasi.

Disampaikan oleh Kapolres Sanggau melalui Kasat Intelkam bahwa terkait dengan deklarasi damai, euforia Pilkades tidak jauh berbeda dengan Pemilihan Kepala Daerah, sehingga masyarakat dan para Calon Kepala Desa diminta untuk siap menanggung konsekuensi terutama siap menang dan siap kalah. Dengan demikian diharapkan kepada para Calon Kepala Desa dan pendukungnya dapat menerima hasil akhir dan tidak membuat tindakan yang berpotensi menimbulkan konflik, apalagi jika sampai ke arah pidana.

Kepala DPM Pemdes Kabupaten Sanggau melalui Kepala Bidang Administrasi Pemdesa menyampaikan apresiasi dan dukungan serta menghaturkan ucapan terima kasih atas rencana pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan deklarasi damai pada Rapat Koordinasi tersebut, karena akan sangat membantu dalam pelaksanaan tugas dan fungsi DPM Pemdes terutama dalam hal keamanan dan kelancaran berjalannya penyelenggaraan kegiatan Pilkades Serentak nantinya.

Mungkin Anda juga berminat Berita lainnya dari Penulis ini

Komentar

Loading...