Profil

“Mewujudkan Persatuan dan kesatuan bangsa melalui sistim politik yang demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Kabupaten Sanggau merupakan salah satu dari 5 (lima) kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Negara tetangga yaitu Negara bagian Serawak (Malaysia Timur). Dari 15 kecamatan di Kabupaten Sanggau, Kecamatan Entikong, dan Sekayam merupakan kawasan perbatasan lini 1 yaitu Kecamatan yang berbatasan langsung dengan Negara Bagian Serawak (Malaysia Timur).

Panjang garis perbatasan Kabupaten Sanggau – Serawak (Malaysia Timur) adalah ±129,50 Km dari panjang perbatasan Kalimantan Barat ±887 Km, yaitu dari Gunung Seraung Desa Suruh Tembawang Kecamatan Entikong (Perbatasan Kabupaten Bengkayang) hingga puncak gunung Bungkang Desa Sungai Tekam Kecamatan Sekayam (Perbatasan Kabupaten Sintang).

Kawasan lini 1 Kabupaten Sanggau memiliki 11 jalan setapak / jalan tikus yang menghubungkan desa – desa dikawasan perbatasan antara Negara yaitu : Desa Suruh Tembawang, Pala Pasang, Mangkau, Panga di Kecamatan Entikong, dan Peripin, Batan Lubuk Tengah, Segumun, Tapang Peluntang, Sei Tekam, Sei Beruang, di Kecamatan Sekayam. Kawasan ini merupakan kawasan yang rawan infiltrasi apabila tidak dilakukan pengawasan dan pembinaan secara rutin.

Dengan memperhatikan  situasi dan kondisi yang demikian, serta kemajemukan masyarakat maka akan berpeluang menimbulkan tingkat kerawanan sosial yang berimplementasi kepada disintegrasi bangsa yang disebabkan oleh berbagai permasalahan kompleks khususnya di kawasan perbatasan. Ditambah dengan kesenjangan sosial ekonomi yang masih siknifikan, pengaruh globalisasi, rendahnya kesadaran hukum, disamping merosotnya etika dan moral bangsa. Pengaruh globalisasi antara lain terwujud dalam arus informasi yang begitu deras membawa masyarakat kearah keterbukaan, disamping berdampak positif bagi kemajuan bangsa, juga berdampak negatif terhadap ketahanan bangsa.