Aang Kesbangpolinmas Sanggau

Dari 70 Ormas, Waduh Hanya 27 Ormas yang Miliki SKT di Sanggau

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU – Kepala Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Sanggau, Antonius memastikan akan terus memonitor setiap pergerakan Ormas yang berada di Kabupaten Sanggau.

“Yang namanya Ormas yang punya niat jahat, tentu mereka tidak akan pernah melaporkan keberadaannya, hanya kita saja yang berinisiatif mewaspadai dan menyikapi keberadaan mereka,” katanya, Kamis (12/5/2016).

Antonius mengatakan, hasil pantauan sementara, belum ada indikasi Ormas yang bertentangan dengan Pancasila di Kabupaten Sanggau.

“Sampai hari ini belum ada. Kalau ada tentu segera kita tindaklanjuti penanganannya,” tegasnya.

Untuk sementara, Ormas yang terdata yang memiliki Surat Keterangan Terdaftar (SKT) di Kabupaten Sanggau berjumlah 27 dari 70 Ormas yang diketahui.

“Kami tahu mereka itu ada, tetapi secara formalitas keberadaan mereka belum lapor ke kita, sekitar 70 Ormas, tapi mereka yang belum terdaftar itu tidak ada indikasi yang menyimpanglah,” jelasnya.

Ia mengatakan untuk mendorong Ormas mendaftar ke Kesbangpolinmas, pihaknya sudah memberikan sosialisasi dan imbauan tentang persyaratan, bahkan melalui surat tertulis agar mereka melaporkan keberadaan mereka.

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Mirna Tribun
Sumber: Tribun Pontianak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *